Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perpanjang Usia Baterai Android Agar Lebih Awet

Pastinya cara perpanjang usia baterai Android menjadi sangat penting untuk kita perhatikan, mengingat baterai memiliki peran penting bagi smartphone. Karena secanggih apapun smartphone namun jika tidak terdapat baterai tentu smartphone tersebut tidak bisa digunakan.

Mengingat sangat pentingnya baterai tersebut membuat kita harus selalu menjaga baterai agar tetap dalam kondisi prima. Sebenarnya umur baterai ini sangat dipengaruhi oleh cara kita menggunakan smartphone, baterai akan semakin awet saat digunakan ketika kita benar menggunakannya.

Namun sebaliknya ketika kita menggunakan smartphone sembarangan, terutama pola ngecas smartphone pasti akan mempengaruhi kondisi baterai. Selain itu aplikasi yang berada di background juga ikut mempengaruhi kondisi baterai smartphone Anda.

Cara Perpanjang Usia Baterai Android

Sama halnya dengan baterai laptop, baterai pada smartphone android ini juga perlu untuk diperhatikan agar performanya tetap dalam kondisi baik. Dalam perawatannya sendiri ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, sehingga baterai tetap terjaga kualitasnya.

Kebiasaan Anda saat mencharger smartphone biasanya menjadi penyebab utama keawetan baterai, sebaiknya jangan biasakan mengecas smartphone terlalu lama. Atau sebaiknya juga kurangi memainkan smartphone saat posisi sedang di cas, tujuannya agar proses tersebut dapat dilakukan secara maksimal.

Sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang masa baterai agar lebih awet. Untuk itu berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia baterai Android Anda.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara perpanjang usia baterai Android yang pertama adalah dengan meng uninstall aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Apalagi jika aplikasi tersebut sering memunculkan notifikasi padahal tidak digunakan, karena sudah pasti aplikasi tersebut akan menguras baterai.

Sebaiknya Anda hanya menggunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja, agar tidak terlalu banyak aplikasi di smartphone Anda. Sehingga tidak banyak juga aplikasi yang akan mempengaruhi kondisi baterai Anda dan kita bisa lebih menjaga usia baterai.

Hindari Overcharging

Selanjutnya juga bisa menghindari overcharging agar usia baterai Anda lebih panjang, sebaiknya charging smartphone sesuai batas waktu yang ditentukan. Meskipun sekarang ini sudah banyak smartphone yang menggunakan teknologi overcharge protection, bukan berarti Anda bisa asal-asalan saat mencharger smartphone.

Karena jika kondisi ini sering terjadi justru malah akan memperpendek usia baterai smartphone Anda, sebaiknya juga charger smartphone saat kondisi baterai hampir habis. Jangan biasakan mencharge smartphone saat kondisi baterai masih banyak, karena hal ini juga bisa memperpendek usia baterai Anda.

Batasi Kontras Layar

Cara perpanjang usia baterai Android selanjutnya adalah dengan membatasi kontras layar smartphone Anda. Jika Anda menggunakan kontras layar yang terlalu tinggi pastinya akan menguras baterai smartphone Anda.

Makanya ada baiknya jika mengatur kontras layar sesuai dengan ukuran yang disarankan, jika tidak digunakan sebaiknya kontras layar diminimalkan. Sehingga tidak akan terlalu menguras baterai smartphone Anda, dan otomatis akan memperpanjang usia baterai Android.

Atur Auto-update Play Store

Selanjutnya Anda juga bisa mengatur update Play Store, meskipun hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap daya baterai. Terutama jika kebutuhan aplikasi yang terinstal masih dalam batas wajar mungkin tidak akan terlalu mempengaruhi kondisi baterai.

Namun masalahnya ketika kita terbiasa menginstal aplikasi dengan dengan ukuran yang besar seperti game, hal ini bisa membuat baterai cepat boros. Apalagi saat update otomatis aplikasi tersebut pasti membutuhkan banyak baterai dalam prosesnya.

Penggunaan Mode Pesawat

Cara perpanjang usia baterai Android selanjutnya adalah dengan memanfaatkan mode pesawat, cara ini sebenarnya cukup sering digunakan. Mungkin bagi Anda yang tidak tahu pasti hanya menggunakan mode pesawat saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat saja.

Padahal mode ini juga bisa Anda gunakan untuk memperpanjang usia baterai, Anda cukup mengaktifkannya saat tidak menggunakan smartphone. Dengan cara ini akan menghemat baterai hingga beberapa persen, sehingga umur pakai baterai juga lebih panjang.

Batasi Penggunaan Lokasi

Cara perpanjang usia baterai Android selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan lokasi, memang fitur satu ini sangat penting. Namun jika digunakan terus-menerus fitur ini justru akan menguras baterai, apalagi Anda harus mengaktifkan internet agar fitur lokasi aktiv.

Maka dari itu ada baiknya jika Anda menggunakan fitur satu ini jika memang sedang dibutuhkan saja selebihnya Anda bisa mengurangi penggunaan fitur lokasi. Sehingga Anda bisa menghemat konsumsi baterai dan otomatis usia baterai akan makin panjang.

Hindari Meletakan Smartphone Di Tempat Panas

Ketika smartphone dalam kondisi panas tentu akan cepat menguras baterai, makanya usahakan smartphone selalu dalam kondisi dingin. Karena suhu panas dari smartphone dapat membuat suhu baterai juga ikut meningkat.

Cara perpanjang usia baterai Android selanjutnya ini sebaiknya Anda perhatikan, jangan sembarangan meletakan smartphone. Apalagi di tempat yang bersuhu panas, karena jika dibiarkan dapat membuat baterai bermasalah dan rusak. 

 

Keyword: Cara perpanjang usia baterai Android