Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perawatan Mesin Printer, Mudah Dilakukan Dengan Langkah Ini

Printer menjadi sebuah alat terpenting di era teknologi semakin canggih sekarang ini. Maka dari itu, bagi para pengguna mesin cetak ini tidak lupa untuk membersihkan dan merawatnya. Lantas bagaimana cara perawatan mesin printer ini? Langsung saja simak artikel selanjutnya!

Inilah Cara Perawatan Mesin Printer Dengan Benar dan Tepat

Melakukan cara perawatan mesin printer ini tentu sangatlah mudah, namun juga harus memperhatikan step by step. Keberadaan perangkat satu ini tentu harus diperhatikan secara detail mulai dari performa, kebersihan, serta perawatannya.

Untuk melakukan perawatan mesin printer ini harus dilakukan secara hati-hati. Namun tidak semua orang tahu melakukan perawatan printer dengan baik. Kebanyakan hanya tahu menggunakan, tapi tidak paham bagaimana cara merawatnya. Agar tidak bingung dan bertanya-tanya, langsung saja ketahui cara merawat printer berikut ini.

1. Lakukan Clean Head

Cara pertama dalam perawatan printer yakni melakukan clean head. Proses ini merupakan cara paling banyak dilakukan ketika merawat printer. Tujuannya agar mesin printer tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta secara baik.

Sistem perawatan ini harus wajib dilakukan, namun jangan terlalu sering melakukan clean head. Hanya cukup sekitar 1-2 minggu sekali saja. Jika melakukannya terlalu sering, maka akan mengakibatkan tempat tinta tidak bisa menampung secara benar dan mengalami kebanjiran.

2. Matikan Jika Digunakan

Jika printer tidak digunakan, sebaiknya matikan terlebih dahulu karena mesin cetak ini juga butuh waktu untuk istirahat layaknya manusia. Adanya masa recovery akan membuat printer menjadi lebih awet dan tahan lama. Selain membersihkan printer, perhatikan juga cara mematikannya.

Jangan langsung mencabut kabel adaptornya yang menempel di saluran listrik. Matikanlah dengan cara tekan tombol off hingga lampu printer mati. Barulah kemudian cabut kabel listrik dari printer. Termasuk juga kabel USB untuk menghubungkan printer dari komputer. Cara kedua ini tujuannya untuk menghindari terjadinya arus pendek.

3. Gantilah Tinta Sebelum Kehabisan

Rutinlah memeriksa kondisi tinta di dalam katrid. Jangan sampai tinta di dalam kartrid kehabisan. Jika hal ini terjadi, maka printer akan mengalami error dan menurun performanya. Selain itu, kondisi kartrid juga tidak akan normal seperti sebelumnya.

4. Ganti Selang Infus Secara Berkala

Selain mengganti tinta sebelum kehabisan, gantilah selang infus secara berkala. Selang yang tidak diganti dalam waktu cukup lama, maka menyebabkan selang menjadi keras. Sehingga gerak selang menjadi tidak teratur dan bisa tersangkut ketika proses cetak.

Intensitas penggantian selang bergantung pada jenis tinta yang digunakan. Semakin kental jenis tinta yang digunakan, maka semakin cepat pula intensitas penggunaan selang printer.

5. Gunakan Tinta yang Direkomendasikan

Cara perawatan mesin printer kelima yaitu menggunakan tinta yang direkomendasikan. Penggunaan tinta original akan memberikan hasil maksimal pada setiap halaman dicetak. Gunakanlah tinta dari satu brand saja.

Pemakaian tinta dari beragam merek hanya akan buat hasil cetakannya menjadi tak sesuai dan lancar. Hal ini bisa terjadi karena bisanya tingkat kepekatan warna dari jenis merek berbeda-beda. Maka dari itu, harus diperhatikan jika menggunakan printer dengan sistem infus. Sistem ini tentunya akan memudahkan dalam mengisi tinta.

Namun, mencampur satu merek dengan merek lainnya akan menghasilkan warna tidak solid. Selain itu, tinta yang tercampur akan membuat kinerja kartrid menjadi kurang optimal.

6. Selalu Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan printer merupakan hal pertama harus dilakukan agar printer bisa tahan lama. Ketika tidak ada rencana menggunakannya, maka tutuplah dengan kain lembut atau penutup khusus printer. Terutama di bagian meletakkan kertas yang rentan terkena debu dan kotoran.

Kotoran di dalam bagian printer yang masuk akan mengganjal kertas. Paling tidak, kotoran ini akan terbawa masuk pada printer head. Hal ini jelas akan ganggu kualitas cetakannya dan membuat printer head cepat rusak serta performa menurun.

7. Gunakan Printer Secara Rutin

Langkah dan cara perawatan mesin printer ini memang cukup mudah dan sederhana yaitu hanya menggunakan printer secara rutin. Di dalam body printer, terdapat gear spare part penggerak printer dilapisi oleh grease pelumas mekanic.

Jika printer ini tak digunakan saat jangka waktu lama, pelumas tersebut pun perlahan mengering. Bila gear bergerak tanpa pelumasnya, maka bisa dipastikan dengan cepat gear akan mengalami kerusakan atau tersendat.

Selain itu, dengan cetak secara rutin, kualitas dari cartridge dan head printer bisa tetap terjaga. Namun perlu diketahui, beberapa cara mengisi tinta bisa menyebabkan kebutuhan pada cartridge baik.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara perawatan mesin printer, maka lakukan saja langkah-langkah di atas. Perlu diketahui, mesin printer juga harus dirawat dan dibersihkan secara rutin. Selain untuk membuat kualitas cetak bagus, tetapi juga agar performa printer tetap prima.

Keyword: Cara perawatan mesin printer