Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PT PAL Melakukan Penelitian Awal Kapal Selam Scorpene

 ⚓️Infografis kapal selam Scorpene. [INews] ⚓️

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mempercayakan PT PAL Indonesia (Persero) untuk melakukan penelitian dan pengembangan (research and development) terhadap beberapa unit kapal selam jenis Scorpene asal Perancis.

Dalam upaya penelitian ini, PT PAL telah menjalin memorandum of understanding (MoU) dengan Naval Group yang disaksikan Prabowo dan Menhan Perancis Florence Parly di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Prabowo mengatakan, research and development ini diharapkan bisa berujung pada pembelian dua kapal selam Scorpene.

"Research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan Naval Group dari Perancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," kata Prabowo di Jakarta.

Dalam rencana pembelian ini, Prabowo juga diharapkan pengadaan kapal selam ini sudah termasuk Air-independent Propulsion (AIP) beserta persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan termasuk latihan.

Sementara itu, CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet menyambut baik dengan pernyataan Prabowo dalam kerja sama di bidang kapal selama antara PT PAL dan Naval Group.

Ia berharap, nota kerja sama ini dapat membuahkan hasil guna mempertebal kekuatan armada TNI Angkatan Laut.

"Kami telah menandatangani nota kesepahaman untuk tujuan tersebut dan berharap dapat bekerja sama dalam program kapal selam untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia, serta untuk memperkuat industri pertahanan matra laut di Indonesia melalui PAL," kata Pierre dalam keterangan tertulis PT PAL.

Sebagai informasi, upaya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI oleh Prabowo kian menemukan progresnya.

Terbaru, Prabowo resmi memborong enam jet Dassault Rafale produksi Dassault Aviation asal Perancis. Rencananya, Prabowo akan memboyong 42 unit Rafale.

  ⚓️
Kompas