Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Ambulance Boat dr Wahidin Soedirohusodo Buatan PT PAL

Dengan kecepatan 28 knots Ambulance Boat KRI dr Wahidin Soedirohusodo [PAL]

PT
PAL Indonesia (Persero) meluncurkan Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) atau Ambulance Boat dr. Wahidin Soedirohusodo.

"BRS dr. Wahidin Soedirohusodo memiliki kemampuan setara rumah sakit tipe C," tulis akun resmi PT PAL Indonesia, seperti dikutip halloternate.com dari laman media sosial @HumasPTPAL pada Selasa, 4 Januari 2022.

Kemampuan tersebut ditunjang dengan fasilitas Poliklinik Rawat Jalan yang melayani pasien umum, pasien dengan masalah pada mata, gigi, dan lain-lain sebagainya.

"Termasuk difungsikan sebagai Unit Gawat Darurat (UGD), ruang operasi, ruang rawat inap, dan unit radiologi," tulisnya.

Kapal BRS juga dilengkapi peralatan CT Scan dan X-Ray, hingga ruang isolasi untuk penanggulangan wabah menular seperti Covid-19.

Selain itu, Kapal BRS dr. Wahidin Soedirohusodo juga ditunjang dengan mobilitas evakuasi medis, seperti 2 unit Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP), 1 unit Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), serta 2 unit Ambulance Boat.

"Ambulance Boat Kapal BRS dr. Wahidin Soedirohusodo tersedia 2 unit dengan length overall 11,4 meter dan maximal speed 28 Knot," tulisnya.

Ambulance Boat dibalut material alumunium marine grade 5083 yang memiliki est dry weight 5500 kilogram, fuel tank capacity 800 liter, dan saat beroperasi dapat memuat tiga orang kru.

"Dengan spesifikasi tersebut, Ambulance Boat difungsikan untuk menunjang mobilitas misi evakuasi medis," pungkasnya. ***

  ★
Hallo