Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam dunia IT bagian 1

Printer
Direct Printing Fungsi dari fasilitas printer yang dapat mencetak langsung format gambar maupun teks dari perangkat lain, tanpa melalui PC. Individual ink tanks printer yang menggunakan tangki tinta satu per satu, Tidak seperti kebanyakan tangki tinta pada printer konvensional yang menggunakan tinta tiga atau empat warna sekaligus dalam satu tangki.

Inkjet Printer Unit printer atau untuk jenis unit all-in-one, yang menggunakan penembakkan tinta cepat kering melalui lubang nozzle kecil dalam membentuk gambar atau karakter di kertas. Saat ini, printer inkjet menjadi standar printer untuk digunakan pada komputer personal (PC).Hal itu dikarenakan inkjet printer (paper tray) wadah tempat menampung kertas kosong yang akan dicetak atau juga penampung kertas yang sudah dicetak/print.

Gambar



Pictbridge Teknologi yang terdapat pada printer dapat secara langsung menerjemahkan data dalam format gambar ke hasil cetakan pada kertas, tanpa melalui PC.


Port Polling Merupakan prosedur yang dijalankan oleh Windows ketika komputer di-booting, dan juga ketika suatu print job dikirimkan dari aplikasi tertentu. Biasanya, port polling dapat dinonaktifkan.

Sreaker
Gambar

Coaxial Adalah salah satu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabel jenis ini, memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan
data digital.

Decoder Dapat berupa software atau hardware, yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video dari bentuk format digital menjadi bentuk aslinya. Yang biasanya berbentuk data analog seperti suara atau gambar.

Dolby Digital Salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosesan dan pembentukkan data audio untuk fi lm-fi lm di bioskop atau fi lm-fi lm pada media kepingan seperti DVD. Untuk mengoptimalkan teknologi Dolby Digital yang dikembangkan oleh
Dolby Laboratories ini, dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker low-frequency.

Video Card


Aliasing Suatu efek (aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul, akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.

Core Clock Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafi s pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya.Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz).

Direct3D Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafi s 3D.

D-Sub Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

GPU Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.

Cooling Device

Cooling Vent Cooling vent adalah lubang-lubang dimana aliran udara dapat masuk dan keluar dari sebuah casing. Dalam memaksimalkan aliran udara di dalam casing, biasanya ditambahkan auxiliary fan/kipas bahkan hingga beberapa unit jumlahnya.


Heatpipe Heatpipe merupakan alat pendingin yang biasanya diintegrasikan pada komponen PC. Bentuknya berupa pipa panjang terbuat dari logam berbahan alumunium atau tembaga. 

HSF (Heat Sink Fan) Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

Passive Heatsink Biasa kita temukan pada komponen PC. Terbuat dari bahan logam tembaga atau alumunium yang dibentuk seperti sirip untuk meningkatkan luas permukaannya.

MotherBoard

Chipset Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya.Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafi k 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard, misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

FSB (Front Side Bus) Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan) Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

IDE (Integrated DriveElectronics) Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CD-ROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

Tweaking Merupakan suatu untuk menyesuaikan atau lebih tepatnya kalibrasi suatu komponen elektronika, seperti potensiometer pada sirkuit.

Storage Devices

CF CompactFlash diperkenalkan pada tahun 1994, sebagai penerus PCMCIA/ PC Card. Kebanyakan digunakan pada kamera digital. Type I (CF-I) memiliiki dimensi 43 × 36 × 3,3 mm. Type II 43 × 36 × 5,5 mm. Kapasitas mulai dari 64 MB hingga 12 GB.

microSD microSD Card merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash, atau T-Flash. Diperkenalkan tahun 2004. Dimensi 11 × 15 × 1 mm dengan berat 0,4 gram. Kapasitas 16 MB-1 GB.

SDHC Atau Secure Digital High Capacity (SD 2.0) adalah ekstensi dari standar SD yang mulai dihadirkan sejak Juni 2006. SDHC memungkinkan batasan kapasitas standar yang melebihi 2 GB. Transfer Rate Speed Sama seperti pada optical drive, dinyatakan dalam satuan “X”. Dimana 1X setara dengan 0,15 MBps.

UFD Merupakan kependekan dari USB Flash Drive. Media penyimpanan yang berukuran kecil dengan kapasitas yang besar. Namun, fl ash disk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat. Biasanya ketahanan data pada flash disk ratarata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memory flash yang digunakan tidak
bertahan lama.

Hardisk

Access Time Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut.

ATA/133 Untuk sementara merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7,Ultra-DMA/133, UDMA 6, dan lainlain. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller harddisk yang sudah mendukung, juga controller bus pada sisi PC (lebih tepatnya pada motherboard). Sedangkan, dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8. Density Tingkat kepadatan penempatan data bit di dalam sebuah piringan data pada media penyimpanan (storage), termasuk pada harddisk.

EIDE EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronics), juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface) istilah pada zaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standar ATA-133.

Notebook

BrightView Suatu fi tur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD. Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masingmasing produsen notebook memiliki istilah tersendiri untuk fasilitas yang serupa.

TFT LCD
Penggunaan teknologi thin-film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada  rojector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi. 

Touchpad Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsinya sebagaipenggerak kursor pada monitor,melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut.

WXGA Standar tampilan display dengan resolusi 1280 x 768 pixel. Berbeda dengan XGA (Extended raphics Array) yang memiliki resolusi 1024 x 768 pixel.

PSU 

Active PFC Karakteristik catuan daya arus bolakbalik (AC) memiliki 2 macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang non-linear. Sewaktu waktu PSU akan terbebani dengan high impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukan (mainvoltage). dengan active PFC, high impulse reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Active PFC memungkinkan transformer PSU mengonsumsi daya secara proporsional, sesuai daya yang dibutuhkan. 

High efficiency Efisiensi pada PSU adalah rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan  dengan daya yang dihasilkan (output power). Makin tinggi rasio efisiensi, makin sedikit panas yang dilepaskan oleh PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpe ngaruh
dengan tagihan listrik Anda. Ini juga memungkinkan tingkat kebisingan PSU lebih rendah, karena dibutuhkan pendinginan yang minim dibanding PSU berefi siensi rendah. 

Power Factor Rasio perbandingan antara active power dibanding total dari active dan reactive power. Pada keba nyakan PSU, nilai power factor berada pada kisaran 0,65. Sedangkan PSU dengan active PFC akan memiliki power factor antara 0,97-0,99.

Networking

NAS Kepanjangan dari Network Attached Storage. Sebuah unit NAS adalah komputer yang terhubung ke jaringan yang hanya menyediakan file berbasis layanan penyimpanan data ke perangkat lain di jaringan. NAS biasanya tidak memiliki keyboard atau monitor, dan dikendalikan dan dikonfi gurasi melalui jaringan.

Host Kata yang biasanya digunakan untuk mewakili sebuah komputer di dalam jaringan. Ini termasuk komputer user atau komputer server yang terhubung Internet atau juga di dalam jaringan internal. 

Storage Area  Network Atau SAN, adalah jaringan dari unit-unit storage. Biasanya jaringan dalam bentuk Fibre Channel, dengan menggunakan Fibre Channel Switch antara host dan storage. 

LAN Local Area Network terdiri dari sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil, seperti pada home network. 

Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

RAM

Access Time, Timing Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds (ns) yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan suatu memory. Access time ini ditentukan, saat dimulai kali pertama CPU mengirimkan permintaan data ke memory, hingga pada waktu CPU menerima data yang diminta tersebut.

Bandwidth Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data di dalam jaringan elektronik seperti Bus atau Channel. Lebih singkatnya, yaitu jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan di dalam satuan waktu tertentu. Bandwidth ini biasanya diekspresikan dalam satuan bit, byte, atau Hertz.

Buffered Buffered ini maksudnya menambahkan komponen logika tambahan ke dalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi.  Modul memory yang termasuk jenis “buffered”, biasanya memiliki chip-chip buffer kecil.

CAS Column Address Select/Strobe adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM
yang digunakan untuk memilih, dan mengaktifkan alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM, ditentukan oleh data yang berada pada pin-pin alamat ketika CAS menjadi aktif.

XMP Atau Xtreme Memory Profile, adalah teknologi profile untuk memory yang dikembangkan oleh Intel, dan diproduksi dengan kerja sama bersama Corsair. Teknologi ini dibuat guna dapat bersaing dengan teknologi profi le memory.

Mouse

Bluetooth Adalah spesifi kasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan seperti mouse dengan PC.


Scroll wheel
Merupakan roda yang terbuat dari karet. Digunakan untuk menggerakkan posisi windows naik-turun, biasanya terletak di antara tombol kiri dan kanan mouse.

DPI Adalah kepanjangan Dot Per Inch,yang merupakan ukuran terbacanya titik pada layar monitor. Jika Anda memiliki monitor dengan resolusi 1024 x 768 dan mouse dengan 1000dpi, artinya untuk bergeser dari 1 posisi ke posisi lainnya berpindah 1 inci.